FAKTA MENARIK TENTANG BUNGA MATAHARI

FAKTA MENARIK TENTANG BUNGA MATAHARI

04, May 2023

Siapa sih yang gak kenal bunga matahari (sunflower). Sering banget kita jumpai di taman bunga, kebun, hingga toko bunga.  Bunga ini sangatlah unique, kaya punya trademark gitu. KarenaTidak ada bunga lain yang mencerminkan 'sinar matahari' dan 'kebahagiaan' seperti bunga matahari yang ini.

Tidak heran banyak orang membuat hadiah atau parsel yang special untuk seseorang yang juga spesial. Bunga matahari berkesan yang ceria dan sangat overexposed, pantas sih bahwa bunga ini dapat mencerahkan ruangan mana pun dan membawa keceriaan instan bagi siapa saja yang menerimanya.

Lantas bukan hanya sekadar wajah cantik. Lihat fakta keren tentang bunga matahari ini:

 

Asal muasal bunga matahari

Bunga matahari berasal dari Amerika Utara dan telah dibudidayakan sejak 3.000 SM. Selain digunakan untuk bouquet, bunga matarih juga digunakan untuk menggiling tepung untuk membuat kue dan roti. Bijinya pun bisa dimakan buat camilan (atau kalau orang Indonesia kenalnya kuaci).

Bunga matahari juga digunakan untuk pewarna tekstil atau pembentuk motif dekorasi yang indah serta keperluan medis. Kemudian pelaut dari Eropa seperti Portugis dan Spanyol kemudian mengekspornya ke seluruh dunia pada tahun 1500-an.

BERMANFAAT DARI SEGI KESEHATAN

Selain untuk bouquet yang cantik, ternyata bunga matahari juga memiliki segudang manfaat buat kesehatan

  • BIJI BUNGA MATAHARI

Biji bunga matahari kaya akan lemak sehat, senyawa tanaman, dan antioksidan? Mereka adalah penghasil alami sumber Vitamin E, selenium, dan magnesium yang sangat baik untuk membantu melindungi sel-sel tubuh dari peradangan dan radikal bebas. Selain itu, biji bunga matahari dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko masalah kesehatan umum. Selain itu bisa juga diolah sebagai makanan ringan yang lezat, seperti kuaci misalnya

  • minyak bunga matahari

Bunga matahari juga banyak digunakan sebagai bahan baku minyak goreng. Minyak bunga matahari mengandung khasiat bermanfaat yang dapat memperbaiki tekstur dan penampilan kulit serta meningkatkan percepatan penyembuhan.

Penggunaan minyak bunga matahari juga yang langsung dioleskan ke kulit tidak menyebabkan iritasi dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Minyak bunga matahari berkhasiat untuk membersihkan, mengelupas, dan menghidrasi kulit. Adapun manfaatnya dapat membantu meminimalkan munculnya kerutan dan garis-garis halus, menghilangkan jerawat, flek bekas luka, dan juga bisa efektif untuk kulit kering maupun berminyak.

 

  • KELOPAK BUNGA MATAHARI

Kelopak bunga matahari juga bisa dimakan lho guys! Kalian bisa memasukkannya ke dalam salad atau disajikan sebagai hiasan cantik (garnish). Kelopaknya memiliki rasa pahit yang unik yang dapat memberikan varian rasa yang unik pada hidangan kalian. Khasiatnya bisa bagus untuk kulit, pencernaan, serta detoxifikasi. Cuma sebelum mengkonsumsi ini pastikan bahwa bunga matahari yang kalian makan sudah sterildari pestisida.

 

KEAWETAN BUNGA MATAHARI

Bunga matahari dikenal memiliki tingkat keawetan yang gak kalah menakjubkannya. Mereka dapat bertahan hingga 14 hari sejak anda membeli bunga matarhari dari toko bunga, baik langsung maupun via pengiriman.

Biar bisa awet maksimal, tentu saja, bunga matahari perlu kalian rawat dengan benar sehingga bisa memperpanjang umur mereka. Kami mengirimkan bunga matahari dengan packaging yang sangat kami perhatikan, sehingga kamu dapat menikmatinya selama mungkin.

 

TIPS MERAWAT BUNGA MATAHARI

Berikut adalah beberapa tips sederhana merawat bunga matahari Anda dan membuatnya tetap cantik selama mungkin:

  • Siapkan vas bunga. Berikan air sekiranya 1/3 dan lapisi dengan gabus /busa di bawahnya.
  • Potong batang secara miring. Potong setidaknya 2 - 3 cm dari bagian bawah batang. Ini akan memungkinkan mereka menyerap air dengan lebih baik
  • Buang daun di bawah permukaan air. Daun di dalam air akan membusuk, menyebarkan jamur dan bakteri yang merusak sistem pembuluh darah, mencegah hidrasi (serapan air oleh bunga) dan akhirnya menyebabkan bunga Anda layu dan mati.
  • Pantau ketinggian air setiap hari dan ganti setiap 2-3 hari. Air yang keruh bisa menjadi tanda bahwa bakteri sudah mulai tumbuh dan menyerang batang. Dalam hal ini, air harus sepenuhnya ditukar dengan air tawar. Selain itu, Anda harus mengisi kembali vas dengan air segar jika ketinggian air turun.
Pangkas kembali batang Anda setiap 2-3 hari. Bunga mulai perlahan mati dari ujung batangnya, menghambat penyerapan air. Dengan memangkas tambahan 1 cm dari batang setiap beberapa hari, bunga Anda akan tetap sehat dan hidup lebih lama.

Tulis komentar