Heading 1

Fakta Yang Unik Tentang Buah Semangka Yang Lagi Viral Belakangan Ini

09, November 2023

Semangka merupakan buah yang populer di Indonesia belakangan ini, semangka memiliki rasa yang sangat menyegarkan dan memiliki tingkat air yang tinggi. Buah Semangka banyak memiliki kandungan air serta rendah kalori, sehingga buah ini menjadi pilihan yang baik untuk untuk dikonsumsi dan bisa untuk menghilangkan rasa dahaga. Semangka juga mengandung beberapa nutrisi penting yang berguna bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, dan likopen, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah semangka atau buah-buah yang lain juga bisa kamu berikan dalam bentuk hampers atau parcel pada hari-hari raya tertentu.

Berikut ini fakta yang unik tentang buah semangka:

1. Buah Terbesar

Semangka merupakan satu buah terbesar di dunia. Beberapa varietas semangka dapat mencapai berat hingga 100 pon. Seperti Carolina Cross yang berasal dari Amerika memiliki berat hingga 100 pon lebih, semangka ini memiliki kulit hijau dengan pola garis-garis putih dan daging merah yang manis. Selanjutnya ada Densuke Watermelon yang merupakan varietas semangka Jepang yang terkenal karena kulitnya yang hitam dan daging buahnya yang merah gelap. Buah-buahnya dapat mencapai ukuran yang sangat besar dan berat, kadang-kadang mencapai ratusan pon. Selanjutnya ada Black Diamond yang berasal dari Afrika, semangka ini bisa mencapai berat 100 pon dan memiliki daging merah yang sangat manis, semangka ini memiliki kulit berwarna hijau tua dan pola garis-garis putih yang sangat unik. Selanjutnya ada semangka dengan varietas Golden Midget, semangka ini memiliki warna kulit kuning keemasan, daging buahnya berwarna merah mudah cerah, dan biji berwarna hitam, Semangka ini berasal dari Amerika. Selanjutnya ada Ali Baba Watermelon merupakan semangka yang berasal dari Amerika juga dikenal karena ukuran buahnya yang besar. Buah dari varietas ini bisa mencapai berat yang mengesankan, seringkali lebih dari 100 pon, selain ukurannya yang besar buahnya memiliki kulit hijau tua dan daging buah merah yang manis dan segar.

2. Tinggi Kandungan Air 

 

Semangka merupakan salah satu buah yang paling disukai di musim panas karena rasa manis dan kelembapannya. Semangka juga sering digunakan dalam berbagai hidangan, dari salad buah hingga jus segar, tak jarang semangka sering dijadikan gift atau hampers ke orang-orang terdekat. Kandungan air yang tinggi membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Semangka terkenal karena kandungan air yang tinggi, sebagian besar semangka memiliki lebih dari 90% kandungan yang terdiri dari air. Semangka juga rendah kalori dan lemak, sehingga seringkali dianggap sebagai cemilan yang sehat. Meskipun semangka rendah kalori dan lemak buah ini tetap bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama yang dapat mengendalikan nafsu makan. Sehingga buah semangka cocok untuk dijadikan buah untuk menurunkan nafsu makan dan buah yang sangat menyegarkan saat dimakan dalam cuaca panas.

Baca Juga Tentang:

3. Daging dan Kulit Bisa Dimakan

Daging semangka biasanya yang paling bisa dimakan dan merupakan bagian yang paling umum dikonsumsi. Daging semangka biasanya berwarna merah atau merah muda tapi pada beberapa varietas semangka ada yang berwarna kekuningan, meskipun daging buah semangka yang merah atau kekuningan yang biasanya dimakan. Kulit semangka, di sisi lain, biasanya tidak dimakan. Kulit semangka dianggap terlalu keras untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah. Namun, dalam beberapa budaya atau resep tertentu kulitnya pun bisa dimakan, kulit semangka mungkin dimasak atau diolah menjadi makanan lain. Beberapa orang mengonsumsi kulit semangka setelah dipanggang atau diolah menjadi makanan tertentu. Kulit semangka bisa dikeringkan atau diasinkan lalu ditambahkan ke sup, semur, dan tumis untuk menambah nutrisi. Selain itu, kulit semangka juga bisa dijadikan sayuran saat dipotong-potong. lalu tambahkan ke dalam tumisan atau bahkan ke kimchi. Meskipun kulit semangka dapat dimakan, lebih banyak orang memilih untuk mengkonsumsi dagingnya karena rasa dan teksturnya yang lebih enak. Jadi apakah kamu tim yang makan semangka yang biasanya makan dagingnya saja atau kulitnya saja atau biasa makan dengan daging dan kulitnya.

4. Sumber Nutrisi

Mengkonsumsi semangka secara teratur dapat menjadi bagian dari pola makan sehat dan menyediakan sejumlah nutrisi yang diperlukan tubuh. Semangka mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting, seperti vitamin C, vitamin A, kalium, dan likopen yang merupakan antioksidan yang dapat memberikan manfaat kesehatan kulit serta juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh  dan menurunkan resiko kanker. Semangka juga mengandung likopen dan citrulline, dua zat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu semangka memiliki kandungan serat yang meskipun kandungan serat semangka tidak setinggi buah-buahan lain seperti apel atau pir, semangka masih mengandung serat yang baik. Serat berfungsi untuk membantu pencernaan, yang berguna menjaga perut tetap kenyang, mengatur pergerakan usus, dan membantu mengurangi risiko sembelit. Selain nutrisi di atas, semangka rendah kalori dan lemak. Walaupun semangka adalah sumber nutrisi yang baik, jangan lupa bahwa buah semangka juga mengandung gula alami atau fruktosa, jadi bijaklah dalam mengkonsumsi semangka jika anda memiliki masalah gula darah.

 5. Semangka Juga Memiliki Bentuk Kotak

Semangka bentuk kotak ini adalah fenomena yang muncul dalam beberapa tahun terakhir dan seringkali menjadi daya tarik di pasar buah dan acara pertanian. Semangka yang berbentuk kotak atau biasa disebut square watermelon merupakan inovasi pertanian yang berasal dari Jepang. Buah semangka ini ditanam dan dipanen dalam wadah kotak atau kerangka khusus yang membatasi pertumbuhannya ke dalam bentuk persegi atau kubus.Tujuan dari menumbuhkan semangka dalam bentuk kotak yaitu untuk menciptakan bentuk yang lebih mudah untuk disimpan di lemari es atau ditata di toko atau meja makan. Meskipun secara estetika menarik, semangka kotak tidak mempengaruhi rasa atau kandungan gizi buah tersebut. Penting untuk diingat bahwa semangka kotak lebih mahal dari pada semangka biasa, karena proses tumbuh dan memeliharanya memerlukan teknik khusus dan lebih banyak waktu dan tenaga. Semangka kotak juga sangat jarang ditemui di pasar dibandingkan dengan varietas semangka lainnya. Meskipun tidak umum ditemui dialam maupun dipasaran, semangka kotak seringkali dibudidayakan untuk tujuan hiasan atau dalam kompetisi pertanian yang menilai bentuk dan ukuran buah secara ekstrem.

6. Pertumbuhan Semangka Yang Cepat

Buah semangka merupakan tanaman yang tumbuh cepat, terutama jika ditanam dalam kondisi yang sesuai. Beberapa faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan cepat semangka meliputi iklim yang hangat akan merangsang pertumbuhan yang lebih cepat dengan suhu 24°C hingga 32°C. Tanah yang subur, serta kaya akan bahan organik, dan memiliki drainase yang baik sangat mendukung pertumbuhan cepat semangka. Pastikan tanah memiliki pH yang sesuai yaitu sekitar 6-6,8 dan cukup nutrisi. Selanjutnya ada pemberian air yang konsisten untuk pertumbuhan yang cepat, dan selalu memastikan agar tanah selalu lembab terutama pada saat pembentukan buah serta irigasi yang konsisten. Pemberian pupuk yang tepat akan mempercepat pertumbuhan semangka. Pupuk yang kaya akan unsur hara penting seperti nitrogen, fosfor, dan kalium membantu tanaman tumbuh dengan baik, bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk buatan jika diperlukan, tetapi pastikan mengikuti panduan pemupukan yang benar. Melakukan penyediaan struktur pendukung untuk buah semangka seperti jaring maupun alas yang berguna untuk mencegah bersentuhan dengan tanah serta memastikan buah tetap bersih dan tumbuh dengan baik. Perlu diingat bahwa pertumbuhan tanaman dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi setempat dan faktor-faktor lingkungan tertentu. 

Tulis komentar